RSS

Cara Cloning Harddisk di Linux

11 Jul

Cloning harddisk adalah proses untuk mengcopy seluruh harddisk atau bagian partisi pada harddisk, bisa disebut juga dengan duplikasi dari harddisk yang satu ke harddisk yang lain. Untuk mengcloning harddisk biasanya secara langsung disk to disk atau dibuat kedalam sebuah image file terlebih dahulu. Cloning harddisk dilakukan untuk backup system ataupun backup data. Jadi ketika terjadi kerusakan pada harddisk utama, kita bisa memiliki backup tanpa harus install ulang dari awal untuk system dan copy paste datanya.

Pasti anda sudah tidak asing lagi dengan software untuk cloning harddisk yaitu norton ghost dan acronis, kedua software ini memang power full untuk masalah cloning harddisk. Tetapi anda harus merogoh kocek yang lumayan untuk mendapatkan software tersebut. Mungkin dengan mencari crack merupakan jalan keluarnya. Tetapi penulis tidak menyarankan untuk melakukannya. Maaf bukan berarti penulis munafik, dulu memang cukup sering cari crack. Tapi sekarang sudah tobat, takut hak untuk penulis diambil juga sama orang lain, karena kita sering crack software buatan orang lain dan itu berarti kita telah mengambil hak orang/perusahaan tersebut. Ini berlaku bagi yang membuat cracknya maupun yang memakainya. he..he.. Peace ah

Untuk itu penulis menyarankan menggunakan software yang free diantaranya Macrium Reflect, Easeus Todo Backup, XXClone Free, Clonezilla, Ghost for Linux (g4l) dan ………………………………………………..

Baca Selengkapnya

 
 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: