RSS

Tips Memilih Helm

25 Sep


Helm merupakan perlengkapan berkendara yang penting. bukannya meremehkan perlengkapan helm yang lain, tapi menurut statistik kecelakaan maut yang mengakibatkan kematian, sebagaian besar diakibatkan pengendara yang tdk memakai helm maupun pola mengendarai yang buruk, makanya jangan heran jika fungsi helm sangatlah vital. Helm merupakan persyaratan utama safety riding, fungsinya yang melindungi kepala menjadi hal terpenting dalam berkendara. helm memiliki beberapa jenis seperti helm penutup seluruh wajah (fullface),sebagian wajah (halface). Helm yang digunakan sebaiknya telah dilengkapi oleh SNI (standar nasional indonesia), menurut peraturan internasional helm sebelum dijual kepasaran diuji dulu kelayakannya. biasanya helm dibenturkan dengan bidang keras seperti beton atau aspal. kecepatan helm menghantam bidang adalah 45 km/jam, namun adapula yang diuji dengan kecepatan 100 km/jam namun itu biasanya untuk helm yang digunakan untuk sport helm sendiri memiliki bahan dasar yang bermacam-macam. helm memiliki bahan vinyl, plastik tebal, streoform. intinya bahan itu sanggup menyelamatkan tulang tengkorak pemakai.

TIPS MEMILIH HELM

  1. Pilihlah helm yang telah berlabel stiker DOT,SNI dimana maksudnya adalah Helm tersebut telah memenuhi Safety Test Standard yang dilakukan oleh suatu lembaga resmi untuk pengujian Helm.
  2. Jangan menggunakan HELM “cetok” karena helm seperti ini tidak akan dapat melindungi kepala pada saat terjadi kecelakaan.
  3. Pilihlah kaca pelindung helm yang dapat melindungi mata serta dapat memberikan keleluasaan dalam pandangan
  4. Pilihlah helm yang mempunyai kaca pelindung transparent (tidak berwarna hitam), karena sangat berbahaya bila digunakan pada saat malam hari.
  5. Pilihlah helm yang sesuai dengan ukuran kepala dan nyaman dipakai.
  6. Jangan menggunakan helm yang pernah terbentur, karena helm tersebut tidak memiliki perlindungan yang optimal.
  7. Masa waktu penggunaan HELM adalah 3 tahun sejak dikeluarkan oleh pabrik, untuk menghindari masa expires pada saat dikeluarkan oleh pabrik dan dipasarkan di toko gunakan helm selama 2 tahun.
  8. Tips untuk memilih Ukuran Helm yang sesuai dengan Ukuran Kepala kita

Mengukur Helm tidak bisa asal-asalan, Asal masuk kepala, ukuran sudah dianggap pas, sesuai kepala pemakai, Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih helm :

  1. Bagian dalam samping helm harus dirasakan menekan pipi, terasa agak kencang, tapi masih dalam batas kenyamanan pemakai.
  2. Gelengkan kepala ke kanan dan ke kiri, helm harus tetap mengikuti. Sedikit saja ada gerakan yang mengganggu, besar kemungkinan ukuran helm belum sip atau kebesaran.
  3. Pandangan kedepan usahakan tetap fokus saat helm dipakai. Tidak terganggu baik oleh bentuk helm, maupun tekanan yang ada dikepala. Tahan sekitar 30 detik. Kalau pelipis terasa sakit, maka helm itu kurang pas.
  4. Dorong bagian helm ke atas, kalau sangat mudah lepas dan dapat dimiringkan melebihi 45 derajat, berarti helm terlalu longgar. Andai saja terpelanting saat dipakai, pasti pelindung kepala ini akan lepas

Sumber www.yamaha-friends.com

 
Leave a comment

Posted by on 25 September, 2009 in Otomotif, Tips & Trik

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: